TIPS SEHAT MENURUT ISLAM


Kita tahu bahwa  banyak artikel kesehatan yang beredar, hampir semua informasi bisa di dapatkan dengan mudah mulai dari internet, buku, koran, majalah dsb, untuk menambah wawasan  ini memang sangat bagus jadi kita bisa tahu baga mana kita harus menjaga kesehatan dengan baik. Dalam Islam, anjuran membaca sangat jelas dengan adanya sebuah ayat yang berbunyi iqro yang berarti “baca”. Dengan membaca manusia akan terus bertambah pengetahuaanya. Lalu, bagamana menurut Islam sendiri tentang tips sehat? berikut iki beberapa pandangan islam mengenai tips sehat yang sudah saya rangkum dari beberapa sumber:
 

Selalu Update terus Pengetahuan Tentang Ilmu Kesehatan

Karena dari kita selalu update mengenai info kesehatan , kita bisa,mengontrol, menjaga kesehatan kita dengan baik, untuk Indahnya Berbagi Tips akan membantu anda untuk selalu update mengenai info sehat terkini dan tips-tips lainya. Seiring perkembangan zaman, ilmu pengetahuan juga turut berkembang dan semakin maju sehingga banyak ilmu baru yang bermunculan, untuk dapat mengetahui informasi kesehatan terbaru, anda bisa membaca sejumlah artikel kesehatan yang ada. Membaca tidak hanya dapat menambah wawasan tetapi dalam pandangan Islam, membaca dapat menambah pahala terutama jika membaca sesuatu yang dapat mendatangkan kebaikan.

Ubah Kebiasaan Buruk dan Selalu Bersyukur kepada Tuhan

Tentunya setiap manusia mempunyai kebiasaan buruk. kebiasaan buruk adalah sebuah penyakit dimana hanya orang itu sediri yang bisa menyembuhkanya, bukan orang lain melainkan anda sendiri. tekat adalah kunci sukses untuk merubah kebisaan buruk. Kebiasaan buruk adalah hal yang paling tidak di senangi oleh Tuhan bukankah kebiasaan buruk juga akan merusak tubuh kita, bukankan kita dianjurkan untuk menjaga apa yang telah Tuhan titipkan termasuk tubuh dengan segala organ didalamnya. Hal inilah yang sering tidak disadari oleh orang. Jika anda benar-benar ingin mensyukuri nikmat sehat, maka mulailah untuk mengubah berbagai kebiasaan buruk yang selama ini sering anda lakukan dengan kebiasaan baik secara bertahap. Jika anda bingung ingin mulai dari mana, maka anda bisa memulainya dengan hal yang sederhana dan mudah dilakukan.


Lakukanlah Chek Up Untuk Mencegah Timbulnya Penyakit Sejak Dini


Nabi Muhammad SAW pernah berkata, “Hisablah dirimu!” jika dilihat dari segi kesehatan, ucapan ini bisa bermakna untuk memperhatikan kondisi kesehatan. ada baiknya melakukan check up rutin meskipun anda merasa baik-baik saja. Struktur dan fungsi organ tubuh memiliki batas keamanan sehingga jika adanya gangguan fungsi akan diketahui hanya pada saat penyakit sudah benar-benar muncul. Lngat mencegah lebih baik daripada mengobati.


Berkumpul Dengan Orang-orang Yang Dapat Memotivasi Hidup Sehat

Dapatkan bantuan dan support dalam menjalani hidup sehat, mungkin Anda akan menemukan banyak sekali godaan. Oleh karena itu, mintalah orang-orang di sekitar Anda untuk membantu memotivasi. Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup dan tujuan yang sama akan semakin memudahkan Anda untuk mencapai tujuan sehat itu sendiri.

Petik Hikmah Sehat Dengan Menjenguk Teman Yang Sakit

Banyak hikmah yang bisa kita petik ketika mengunjungi orang sakit. Menjenguk orang yang tengah sakit karena termasuk fardhu kifayah  (status  hukum dari sebuah aktivitas dalam Islam yang wajib ditunaikan sertiap muslim terhadap muslim lainnya).

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk menjenguk saudaranya yang tertimpa sakit. Menjenguk orang sakit termasuk hak seorang muslim terhadap muslim lainnya. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: "Hak seorang muslim terhadap muslim lainnya ada lima perkara: Menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan, dan mendo'akan (Yarhamukallah) orang yang bersin". (Shahih, HR Bukhori).
 
Menjenguk orang sakit merupakan amalan yang mulia seperti sabda Rasulullallah:  "Barangsiapa yang menjenguk orang yang sakit, seolah-olah ia berjalan di taman surga hingga ia kembali". (Shahih, HR Muslim , Ahmad, Tirmidzi), Rasulullah  pernah menjenguk sahabatnya Ummul A‘la, beliau  bersabda, “Bergembiralah wahai Ummul ‘Ala’, karena dengan sakitnya seorang muslim Allah akan menghilangkan darinya kesalahan-kesalahan sebagaimana api menghilangkan kotoran dari emas dan perak (yang ditempa).” (HR. Abu Dawud ).

Sekian artikel kesehata yang dapat kami bagikan
IndahnyaBerbagiTips dan selalu ingat lima perkara


Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar